Kenali 5 Tipe Plafon Gypsum Untuk Interior Anda

Hunian berkonsep minimalis sering dilirik sebagai konsep yang cocok untuk menciptakan suasana hunian yang nyaman. Mungkin memiliki berbagai keunggulan dari tempat tinggal minimalis diantaranya gampang untuk membangunnya serta juga tidak memerlukan tanah yang cukup luas.

Sebagai solusi menciptakan konsep minimalis, pemilik hunian harus mempertimbangkan dengan cermat bahan-bahan untuk interiornya. Salah satu bagian penting yang harus diperhatikan adalah bahan untuk plafon. Plafon adalah bagian sebuah bangunan yang berada tepat dibatas dinding dan atap.

Saat ini banyak tipe dan model plafon yang dapat dipilih untuk digunakan pada ruangan. Apa saja tipe plafon tersebut? Berikut ini penjelasannya.

1. Plafon dasar Konvensial

Tipe plafon ini merupakan yang paling umum digunakan. Plafon datar konvensional terdiri atas lembaran material plafon yang dipasang mendatar tepat dibawah rangka atap. Cara memasang model plafon datar konvensional terbilang paling mudah dibandingkan tipe plafon lainnya. Plafon datar konvensional sudah dapat memenuhi fungsi-fungsi dasar plafon. Akan tetapi penggunaan plafon tipe ini akan menimbulkan kesan membosankan karena tidak ada sesuatu yang istimewa.

2. Plafon datar Transparan

Sedikit inovasi dari bentuk datar, kini telah ada tipe plafon transparan. Tipe plafon ini biasanya digunakan pada satu ruangan tertentu saja pada rumah yang sengaja didesain sebagi ruangan semi terbuka. Plafon datar transparan membuat sinar matahri leluasa masuk dalam ruangan. Tipe plafon ini juga memberikan kesan stylish dan modern pada ruangan.

3. Plafon Gantung

Plafon gantung terdiri dari rangka besi dan panel plafon akustik berbobot ringan. Tipe plafon in ibiasanya merupakan plafon baru yang dipasang dibawah plafon lama. Kelebihan model plafon ini adalah dapat menyembunyikan plafon lama yang biasanya telah mengalami penurunan kualitas. Model plafon ini akan memudahkan penghuni rumah menjangkau dan merawat instalasi mekanikal yang tersembunyi. Selain itu modle plafon ini memberikan kesan artistic terlebih jika ditambahkan hiasan sorotan lampu.

4. Plafon Tipe Baki (Tray Ceiling)

Mungkin dapat dikatakan modle plafon ini kebalikan dari model gantung karena model plafon seperti ini  bagian tengahnya dibuat terangkat seolah-olah terlihat tersembunyi. Bagian plafon yang terangkat atau lebih tinggi dapat berbentuk segi empat atau segi banyak menyesuaikan konsep ruangan yang diusung. Selain itu terdapat juga beberapa variasi yang bisa diterapkan untuk mempercantik tampilan plafon tipe ini.

5. Kreasi Grid dan Atap terekspos

Jika anda menginginkan sesuatu yang unik, kreatif dan tidak membosankan, mungkin model plafon seperti ini yang anda cari. Plafon berbentuk grid merupakan kreasi plafon yang dilengkapi dengan raster area menjadi suatu pola. Misalnya dibuat menyerupai table persegi, dimana setiap garis antar sambungannya ditambahkan hiasan cornice berbentuk ukiran. Selain dapat menciptakan kesan yang tidak membosankan, pengunjung hunian anda pasti akan tertarik menatap langit-langit rumah. Sehingga bagian ini dapat menjadi sesuatu yang terekspos yang dapat ditonjolkan dari hunian anda.

Setelah mengetahui tipe-tipe plafon diatas, manakah yang sudah menginspirasi untuk diterapkan dalam rumah anda?. Selain berbahan gypsum, kreasi plafon diatas juga dapat dikombinasikan dengan aksesoris lain seperti bamboo, ataupun kayu. Semakin kreatif tentunya akan menjadi semakin unik dan memberikan kenyamanan.

Sumber : Berbagai Sumber

# # # # # # # # # #

# # # # # # # #

# # # # # # # #

# # # # # # # #cornice #corniceaplus #apluscornice

 

 

INFORMATION MEDIA