Standar Ukuran Gypsum Sesuai Kebutuhan Bangunan

Langkah utama sebelum membangun sebuah bangunan tentunya memerlukan perencanaan. Tahukah kalian bahwa dalam perencanaan juga perlu memperhatikan standarisasi untuk sebuah bangunan agar aman, tepat dan sesuai kebutuhan. Apa yang dimaksud standarisasi dalam hal ini?

Kita telah mengetahui bahwa terdapat berbagai jenis ukuran gypsum dari merek-merek terkenal yang ada di pasaran. Banyaknya pilihan ukuran tersebut bukan karena tanpa sebab, melainkan setiap ukuran yang ada disesuaikan dengan fungsinya masing-masing. Berikut ini penjelasan ukuran-ukuran yang biasa digunakan beserta dengan keuntungan maupun resikonya.

Ukuran 10,1 x 20,3 cm

Gypsum berukuran 10,1 x 20,3 cm ataupun 10,16 x 30,5 cm tersedia di pasaran. Ukuran tebal ini lebih sulit untuk dipasang dan biasanya hanya dipakai oleh professional. Gypsum besar ini lebih mudah untuk patah dalam pengiriman ke lokasi kerja, meskipun gypsum ini memerlukan tenaga yang lebih sedikit karena semakin besar gypsum berate semakin kecil ruas yang harus disambun. Hal penting yang juga perlu diingat adalah gypsum biasanya dipasang secara horizontal tetapi bisa dipasang vertical jika diinginkan.

Ukuran 0,6 – 0,625 cm

Gypsum dengan ukuran ini biasanya paling popular di pasaran. Ukuran 0,6 cm sering sigunakan sebagai penambal gypsum dan tidak dipakai untuk bangunan baru.

Ukuran 0,9 cm, 1,2 cm, dan 1,5 cm

Ukuran ini yang paling banyak dipasaran. Terdapat berbagai merek ternama yang pasti memiliki ukruan gypsum dalam kategori ini. Kebutuhan paling banyak biasanya juga terletak pada penggunaan gypsum brukuran antara 0,9 cm sampai 1,5 cm. Biasanya ukuran dalam kategori ini digunakan untuk system partisi dinding.

 

Hal terpenting selain ukuran, pemilihan bahan penyusun/komposisi juga sangat perlu diperhatikan. Gypsum yang digunakan untuk area yang lembab tentunya memerlukan gypsum dengan ketahanan air yang sangat tinggi.

Ukuran gypsum serta komposisinya merupakan hal penting dalam perencanaan untuk membangun sebuah bangunan. Ketepatan perencanaan juga turut menentukan ketahanan sebuah bangunan serta keindahan dan kenyamanan bagi penghuninya.

 

# # # # # # # # # #

# # # # # # # #

# # # # # # # #

# # # # # # #

 

INFORMATION MEDIA