Lisplang Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Jenis

22 January 2024

Lisplang adalah material bangunan dengan bentuk papan yang digunakan untuk menutup sisi pinggir atap. Penggunaan lisplang ini bertujuan untuk menutup rangka atap supaya rumah terlihat rapi. Lisplang dapat digunakan pada ujung atap, baik atap berbentuk perisai, pelana, maupun bentuk atap lainnya.

Fungsi Lisplang

1. Menutup Sisi Atap

Fungsi pertama lisplang adalah menutup sisi luar atap. Sisi atap yang ditutup bertujuan supaya rangka atap tidak terlihat dari bawah sehingga menambah nilai estetika suatu rumah. Selain itu, lisplank juga memiliki dua tipe, yakni polos dan motif, untuk memudahkanmu dalam memilih jenis papan yang cocok dengan arsitektur rumah kamu.

2. Melindungi Rangka Atap dari Cuaca Ekstrem

Fungsi kedua dari lisplang adalah untuk menutup atap mampu melindungi rangka dari paparan cuaca ekstrem. Rangka tidak terkena hujan dan matahari secara langsung sehingga atap menjadi lebih kokoh. 

3. Digunakan untuk Dekorasi Lainnya

Lisplang tidak hanya bisa digunakan sebagai penutup atap saja, tetapi juga untuk dekorasi lainnya. Contoh lain penggunaan lisplang adalah untuk dekorasi dinding, pagar, dan lainnya. 

Jenis Lisplang

lisplang adalah papan untuk atap

1. Lisplang Papan Semen

Lisplang ini dibuat dari semen yang dibentuk menyerupai papan sehingga mudah dalam pemasangan. Permukaan lisplank papan semen tidak hanya polos saja, tetapi juga motif. Hal ini membuat lisplang papan semen diminati oleh banyak orang karena mudah dipasang dan memberikan nilai estetika pada rumah.

2. Lisplang Kayu

Lisplang jenis ini banyak digunakan pada rumah-rumah dari zaman dulu hingga saat ini. Bahan kayu pada lisplang membawa kesan alam pada rumah sehingga rumah terlihat indah dan estetik. Tetapi, lisplang jenis ini membawa kekurangan, yakni mudah mengalami pelapukan karna terpapar perubahan cuaca, dihinggapi rayap, dan lainnya.

3. Lisplang Metal

Lisplang metal membuat rumah memiliki kesan modern dan minimalis. Penggunaannya lisplang ini bisa untuk pinggiran atap dan juga kanopi. Lisplang metal biasanya telah dilapisi oleh lapisan antikarat karena penggunaannya untuk eksterior. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir resiko terkena karat.