Apa Itu Partisi dan Plafon Akustik: Pengertian dan Keunggulan

22 May 2024

plafon akustik
plafon akustik

Plafon dan partisi akustik dibuat dari papan gypsum yang salah satu fungsinya mampu mengurangi gema di ruangan. Aplus Sound merupakan papan gypsum yang memiliki fungsi untuk mengurangi gema di ruangan. 

Aplus Sound memiliki tampilan berlubang serta diberi lapisan tisu akustik. Terdapat pilihan motif dan jenis lubang pada papan yang bisa dikombinasikan dan dipilih untuk memenuhi desain dan estetika pada ruangan.

Keunggulan Plafon dan Partisi Akustik

1. Meningkatkan Nilai NRC (Noise Reduction Class)

Plafon dan partisi Aplus Sound memiliki keunggulan mampu meningkatkan nilai NRC di suatu ruangan. Hal ini karena Aplus Sound dilengkapi dengan tisu akustik yang mampu mengurangi gema pada ruangan sehingga suara yang dihasilkan di ruangan akan lebih jelas dan ruangan lebih nyaman digunakan. Jika ditambahkan dengan penggunaan insulasi suara seperti mineral wool dengan ketebalan 80 kg/m³, nilai NRC bisa mencapai 0,80.

2. Memiliki Fleksibilitas dalam Pemasangan

Aplus Sound dapat dipasang hampir di seluruh jenis ruangan tanpa perlu mempertimbangkan kegunaan dari ruangan tersebut. Papan gypsum ini tidak hanya bisa digunakan sebagai plafon, tetapi juga partisi sehingga area pemasangannya menjadi lebih fleksibel.

3. Memberikan Keindahan Estetika

Aplus Sound tidak hanya memberikan keuntungan dari segi teknis, tetapi juga dari segi penampilan. Papan ini memiliki lubang-lubang yang mampu menambah keindahan ruangan. Selain itu, papan gypsum Aplus Sound dapat dicat dengan menyesuaikan desain dan tema yang digunakan pada ruangan. 

4. Mudah dalam Perawatan dan Tahan Lama

Perawatan yang dibutuhkan Aplus Sound cukup mudah dan tidak perlu perawatan khusus, hanya perlu dibersihkan dari debu yang menempel sehingga lebih praktis. Papan gypsum ini juga memiliki ketahanan yang lama sehingga efisien dalam mengeluarkan biaya.

5. Mudah Dimodifikasi dan Reparasi

Aplus Sound memiliki kemudahan untuk dimodifikasi maupun reparasi. Apabila terjadi kerusakan atau perlu dimodifikasi, plafon maupun partisi ini tidak perlu diganti keseluruhan. Kamu hanya perlu menggantinya di bagian yang rusak saja, sehingga biaya perbaikan yang perlu dikeluarkan lebih hemat.