Pengertian, Fungsi, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangan Besi Hollow

8 January 2024

besi hollow
besi hollow

Besi hollow merupakan material konstruksi yang digunakan untuk pembuatan struktur tiang, balok, dan juga kolom. Memiliki bentuk kotak dan persegi panjang dengan rongga yang berbentuk sama pula. Besi hollow dibuat dengan lembaran besi yang ditekuk hingga membentuk kotak atau persegi panjang. 

Fungsi 

Besi hollow memiliki beberapa fungsi, yaitu

  1. Bisa digunakan untuk konstruksi interior dan eksterior, seperti pagar rumah, kanopi, railing tangga, pembatas balkon, dan lainnya.
  2. Bisa digunakan untuk furniture, seperti rak sepatu, rak dapur, rak televisi, dan lainnya. 
  3. Bisa digunakan untuk material konstruksi lainnya.

 Jenis

1. Besi Hollow Hitam

Hollow hitam dibuat dengan plat hitam yang berbahan dasar Hot Rolled Coil (HRC). Hollow hitam biasa digunakan untuk pembuatan besi pagar, kanopi, balkon, dan lain sebagainya. Jika kamu menggunakan besi ini, pastikan kamu mengecatnya dengan cat anti karat karena besi ini belum dilapisi oleh lapisan antikarat. Jika tidak dilapisi terlebih dahulu, dikhawatirkan akan mudah berkarat.

2. Besi Hollow Galvanis

Hollow galvanis merupakan hollow yang sudah diberi lapisan galvanis sehingga antikarat. Kemampuannya yang tahan terhadap karat membuat besi ini bisa digunakan untuk interior dan eksterior. Jika ingin memberikan ketahanan terhadap karat yang maksimal, kamu bisa menambahkan lagi lapisan anti karat. Selain itu, penggunaan besi ini harus dihindari dari semen karena akan mengakibatkan besi menjadi mudah lapuk.

3. Besi Hollow Galvalum

Hollow galvalum memiliki keunggulan anti karat yang lebih baik dibanding hollow galvanis dengan kandungan yang sedikit berbeda pula. Meskipun hollow galvalume memiliki ketahanan terhadap karat yang lebih baik, tetapi besi ini mudah tergores dan reaktif terhadap semen sehingga mudah mengalami pelapukan. 

Kelebihan 

  1. Lebih ekonomis dibanding dengan material lain.
  2. Pemasangan mudah sehingga efisien waktu dan tenaga.
  3. Hollow galvanis dan galvalume tahan karat karena sudah dilapisa oleh lapisan antikarat.
  4. Perawatan menjadi lebih mudah karena sudah diberi lapisan antikarat.

Kekurangan 

  1. Memiliki ketahanan yang berbeda-beda. Tidak semua besi hollow mampu menopang beban yang berat. hal ini tergantung dengan ketebalan yang dipilih. Jika beban yang akan ditopang oleh besi hollow terlalu berat, maka tidak disarankan untuk menggunakan besi jenis ini. 
  2. Ukuran panjangnya terbatas dengan maksimal panjang yakni 6 meter. Besi jenis ini memang dibuat berdasarkan penggunaannya, yakni untuk kanopi, pagar, dan konstruksi lainnya yang tidak membutuhkan besi yang terlalu panjang. Jika kamu ingin membuat struktur bangunan yang lebih dari 6 meter, maka bisa digabung menggunakan las atau memilih jenis besi lain yang lebih panjang.