Tips Pembuatan Kuda-Kuda Baja Ringan

30 April 2024

kuda kuda baja ringan aplus
kuda kuda baja ringan aplus

Kuda-kuda pada atap berfungsi sebagai struktur pembentuk atap sekaligus penopang beban atap. Salah satu material yang digunakan untuk pembuatan kuda-kuda adalah baja ringan. Berikut tips untuk pembuatan kuda-kuda baja ringan.

1. Menentukan Jenis Atap yang Digunakan

Hal pertama yang dilakukan dalam membuat kuda-kuda  adalah menentukan jenis atap yang digunakan. Jenis atap yang digunakan akan menentukan ketebalan serta jarak kuda-kuda yang digunakan. Jika beban material atap cukup berat, maka jarak kuda-kuda harus lebih rapat. Selain itu, beban ketika atap diterpa hujan pun perlu diperhitungkan. Maka dari itu, gunakan baja ringan yang kuat kuat supaya mampu menopang beban tersebut. 

2. Menentukan Bentuk Atap

Bentuk atap akan memberikan nilai estetika sekaligus nilai fungsional tersendiri. Teknik pemasangannya pun akan berbeda antara satu bentuk atap dengan bentuk yang lain. Maka dari itu, bentuk atap yang akan digunakan perlu ditentukan terlebih dahulu sebelum merakit kuda-kuda baja ringan untuk memperhitungkan baja ringan yang digunakan.

3. Hitung Ketinggian Atap

Tahapan ketiga dalam membuat kuda-kuda atap  adalah menghitung ketingggian atap. Perhitungan ini untuk menentukan batasan sudut pemasangan. Perhitungan yang tepat akan memudahkan dalam pemasangan material atap sehingga resiko pembokaran lebih minimal.

Baca juga: Mengenal Konsep Rumah Industrial

4. Kemiringan Kuda-Kuda

Kemiringan kuda-kuda harus tepat supaya tidak jadi permasalahan. Dudukan baja yang terlalu miring membuat konstruksi atap kurang seimbang dan berpotensi untuk ambruk. Untuk menghitung kemiringan atap, dapat dilakukan dengan menggunakan rumus. Dengan rumus ini, kemiringan atap tepat dan sesuai.

5. Tentukan Overstek

Overstek merupakan bagian dari atap yang berfungsi untuk melindungi bangunan dari air hujan dan juga matahari supaya tidak langsung mengenai dinding. Supaya berfungsi dengan baik, overstek harus dibuat lebih panjang dari bangunan rumah sehingga memiliki jarak dengan dinding sehingga mampu melindungi dinding.