Apa itu Floordeck? Fungsi, kelebihan, dan Kekurangan

25 October 2023

floordeck
floordeck

Floordeck adalah inovasi bahan bangunan yang berguna sebagai lapisan pada bagian bawah dak beton. Floordeck terbuat dari baja galvanis yang berbentuk gelombang. Material ini memiliki fungsi sebagai tambahan kekuatan pada struktur dak beton, juga sebagai pengganti papan triplek untuk bekisting dalam pengecoran. 

Floordeck  biasanya digunakan untuk membuat plat lantai bangunan yang bertingkat. Penggunaan floordeck lebih efisien dibandingkan penggunaan triplek karena material ini dapat digunakan sebagai bekisting dan tidak perlu dibongkar sehingga tidak menjadi material terbuang.  

Kelebihan Floordeck 

1. Kuat dan Kokoh

Floordeck pada tampilannya terdapat motif tekstur yang berfungsi menambah kekuatan pada struktur plat beton. 

Motif tersebut mampu menahan goncangan dan getaran yang melanda bangunan sehingga bangunan menjadi lebih kuat dan kokoh. Bentuknya yang bergelombang, membuat floordeck mampu memberikan dukungan pada beban struktural.

2. Efisiensi Biaya

Floordeck memiliki sifat kuat dan kokoh sehingga masa pakainya lebih lama. 

Sehingga, kamu tidak perlu melakukan perawatan atau penggantian secara berkala. Floordeck menjadi pilihan yang tepat untuk kamu jika ingin menghemat biaya pembangunan. 

3. Pengerjaan yang Cepat

Pembuatan dak beton yang menggunakan floordeck lebih mudah dan cepat pengerjaannya. Lembaran floordeck memilki ukuran lembaran yang besar sehingga pengaplikasiannya tidak perlu disusun satu persatu dalam ukuran yang kecil.  Sehingga, waktu persiapan pembuatan plat dak beton menjadi lebih cepat.

4. Mengurangi Limbah

Penggunaan floordeck untuk pembuatan plat dak beton dapat mengurangi limbah karena tidak perlu dilepas pada saat dak beton mengering. Floordeck akan membuat dak beton menjadi kuat apabila dibanding menggunakan papan triplek, papan tersebut perlu dilepas saat beton mengering. Akibatnya akan menambah limbah.

Baca juga: Mengenal Istilah Plamir Tembok beserta Fungsinya

Kekurangan Floordeck

1. Memerlukan Alat bantu untuk Pemasangan 

Pemasangan floordeck memerlukan alat bantu las listrik untuk menempelkan ujung lembaran dengan besi kolom. Tidak semua tukang mampu menggunakan alat ini. Maka dari itu perlu orang ahli untuk memasangnya.

2. Perlu Orang yang Ahli di Bidangnya untuk Memasang

Tidak semua pekerja yang membangun rumah memahami cara memasang floordeck.  Perlu menggunakan jasa pekerja yang ahli dalam pemasangan floordeck sehingga sudah mampu menghitung kekuatan beban dan memahami kekuatan pada struktur bangunan.

3. Perlu Menerapkan Beberapa Perlakuan Khusus

Supaya tidak terjadi kerusakan pada lembaran floordeck sebelum pemasangan, floordeck perlu disimpan dengan benar. Selain itu, floordeck merupakan plat yang sulit untuk dipotong. Maka dari itu, pemotongan plat perlu menggunakan alat khusus, yakni grinder.