Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Atap Rumah!

14 March 2024

atap rumah metal
atap rumah metal

Terdapat beberapa pertimbangan sebelum memilih atap rumah agar sesuai dengan kebutuhanmu. Pertimbangan tersebut meliputi:

1. Ketahanan Terhadap Cuaca Ekstrem

Atap rumah digunakan sebagai pelindung untuk ruangan-ruangan di bawahnya. Perubahan cuaca yang ekstrem akan menambah tekanan pada atap, seperti hujan yang lebat, suhu panas yang terlalu tinggi, dan lainnya. Maka dari itu, kamu harus memilih atap rumah yang tahan terhadap cuaca ekstrem.

2. Daya Tahan dan Umur Pakai

Daya tahan dan umur pakai pada atap akan berpengaruh pada biaya pengganian. Jika kamu memilih atap dengan daya tahan yang baik dan umur pakai yang panjang, maka kamu tidak perlu melakukan penggantian atap dalam waktu dekat. 

3. Kemudahan dalam Pemasangan 

Tidak semua jenis atap memiliki tingkat kesulitan pemasangan yang sama. Terdapat beberapa jenis atap yang memerlukan waktu dan tenaga yang lebih besar. Maka dari itu, pilihlah atap  yang mudah untuk dipasang karena akan menghemat waktu dan biaya pemasangan. Selain itu, kemudahan dalam pemasangan ini juga memudahkan kamu sebagai penghuni rumah dalam melakukan perbaikan.  

Atap metal Aplus merupakan salah satu jenis atap yang mudah untuk dipasang. Selain itu, atap ini memiliki bobot yang ringan sehingga semakin mempermudah pemasangan karena mudah untuk dimobilisasi. 

4. Pilih Atap yang Perawatannya Mudah

Pilih atap dengan sistem perawatan yang mudah akan menguntungkan kamu sebagai penghuni rumah. Perawatannya yang mudah sudah pasti membuat kamu tidak perlu menyewa teknisi khusus untuk melakukan perawatan sehingga kamu lebih menghemat biaya.

5. Pilih Atap yang Sudah Diberi Lapisan Pelindung 

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan atap metal, sebaiknya memilih atap metal yang sudah diberi lapisan pelindung karat. Lapisan ini mampu melindungi atap metal dari karat yang mungkin timbul karena terpapar perubahan cuaca dan air hujan.  

6. Pilih Atap yang Sudah Terstandarisasi

Standarisasi dalam suatu produk menunjukkan bahwa produk tersebut mengikuti standar acuan yang aman dan sudah ditetapkan oleh lembaga tertentu. Maka dari itu, memilih atap yang sudah memiliki standarisasi menjadi pilihan yang tepat untuk penghuni rumah.