Inspirasi Warna Cat Plafon untuk Kesan Minimalis

25 August 2023

cat plafon
cat plafon

Setiap warna pada cat menghasilkan suasana yang berbeda-beda, seperti suasana hangat, dingin, dan lain sebagainya. Selain suasana, warna cat juga bisa memengaruhi besar kecilnya ruangan, misal warna gelap membuat ruangan terlihat lebih sempit dan warna terang membuat ruangan terlihat lebih luas. Jadi, kita harus berhati-hati dalam menentukan warna cat apa yang ingin digunakan.

Warna cat plafon yang paling sering kita temui adalah putih. Tetapi, banyak warna lain yang bisa menjadi inspirasi untuk digunakan pada rumah kamu. Berikut rincian penjelasan di setiap warnanya.

Warna Cat Plafon

Berikut adalah rekomendasi warna cat plafon yang bisa kamu pilih untuk digunakan pada plafon rumahmu atau plafon ruangan tertentu.

1. Putih

Warna putih termasuk warna netral sehingga cocok dikombinasikan dengan warna yang lain. Selain itu, putih merupakan bagian dari warna cerah sehingga membuat ruangan menjadi cerah juga.

Saat ini, banyak rumah yang menggunakan cat plafon warna putih karena bisa dikombinasikan dengan warna apa saja untuk bagian dinding. Ketersediaannya pun tidak sulit untuk ditemukan karena banyak produsen yang membuatnya.

2. Cokelat

Jika kamu menyukai gaya klasik, cat plafon berwarna cokelat adalah pilihan yang tepat. Warna cokelat membawa kesan hangat bagi penghuni rumah. Kamu bisa menggunakannya untuk plafon. 

Cat plafon berwarna cokelat juga cocok digunakan untuk rumah yang mengangkat konsep alam. Kamu bisa menggunakan warna cokelat sebagai cat plafon. Lalu menggunakan warna lain sebagai cat dinding. Setelah itu kamu bisa menambahkan tanaman yang bisa diletakkan di dalam rumah, baik hias maupun tanaman asli.

3. Cream

cat plafon cream

Warna cream ini membawa kesan yang sama dengan warna cokelat. Memiliki tone warna yang masih segaris dengan warna cokelat membuat kesan elegan dan klasik pun dibawa oleh warna ini. 

Warna cream juga merupakan warna yang memiliki tone cerah. Hal ini membuat ruangan menjadi cerah. Apalagi jika terkena cahaya matahari. Jika kamu menyukai ruangan-ruangan dengan kesan cerah, ramah, dan santai, warna ini cocok digunakan untuk cat plafonmu. Selain itu, warna ini bukan masuk ke jenis warna  yang banyak digunakan orang karena tren saja. Maka dari itu, rumah dengan cat plafon ini tidak akan terlihat ketinggalan zaman. Sangat cocok digunakan untuk jangka waktu lama.

4. Abu-Abu

Jika kamu menginginkan rumah yang terlihat simpel dan tidak neko-neko, warna abu-abu ini sangat cocok untuk kamu pilih. Penggunaan warna ini memang terkesan manly, tetapi minimalis. Pemilihan warna abu-abu ini memperkuat kesan minimalis yang kamu pilih sebagai konsep rumah. Meskipun warna ini juga terkesan monoton, tetapi tetap elegan dan menambah estetika jika dikombinasikan dengan furnitur yang sesuai. 

5. Warna Pastel

Saat ini, warna-warna pastel sedang digemari oleh banyak orang. Kesan lembut yang dibawa, membuat kesan hangat dan kekeluargaan terpancar pada rumah. Selain itu, warna ini juga cerah yang lembut, membuat warna tetap terang tetapi tidak mencolok. Selain memiliki kesan lembut dan cerah, sebenarnya warna pastel juga membawa kesan feminim. 

Baca juga: Tips Membuat Acian Dinding yang Benar dan Tepat

6. Biru

Ketika kita memikirkan warna biru, membuat kita mengingat laut dan air sehingga warna ini dianggap sebagai warna pembawa penenang. Jika digunakan sebagai warna pada cat plafon, warna ini akan membuat nyaman mata.