Jangan Sampai Salah! Perbedaan Truss dan Reng Galvalum

2 February 2024

Truss dan reng galvalum merupakan bahan bangunan yang terbuat dari baja ringan. Kedua material ini digunakan untuk membuat rangka atap yang menggunakan baja ringan. Truss dan reng merupakan satu kesatuan yang digunakan untuk membuat kerangka atap tersebut. Lalu, apa perbedaan antara truss dan reng galvalum? Berikut adalah perbedaannya.

Perbedaan Truss Galvalum dan Reng Galvalum

1. Truss 

Truss memiliki bentuk seperti hurup C tetapi yang tidak melengkung sehingga sudut-sudutnya seperti kotak dengan panjang 6 m. Penggunaan produk truss ini untuk kuda-kuda dalam konstruksi atap. Tetapi tidak menutup kemungkinan digunakan untuk pembuatan dekorasi lainnya. 

2. Reng 

Reng galvalum merupakan material yang digunakan sebagai dudukan atap atau penutup rumah, seperti genteng metal, seng, atap deck, dan lainnya. Material ini dilapisi oleh lapisan galvalum sehingga tidak mudah karat dengan panjang 6 m.

Reng memiliki bentuk seperti huruf A sehingga bisa juga disebut sistem framing A-Truss. Reng milik Aplus memiliki bentuk asimetris sehingga atap yang dipasang menjadi kokoh dan tidak mudah lepas. 

Kunggulan Truss dan Reng Aplus

Berikut keunggulan dari truss dan reng dari Aplus.

  1. Memiliki bobot yang ringan sehingga mudah untuk dimobilisasi.
  2. Mudah dalam pemasangan.
  3. Antikarat karena diberi lapisan galvalum.
  4. Mudah dalam pemasangan insulasi.
  5. Ramah lingkungan dan dapat didaur ulang.