Jenis-Jenis Mortar Perekat Keramik

10 May 2024

mortar perekat keramik
mortar perekat keramik

Mortar perekat keramik dibedakan berdasarkan jenis keramik yang akan digunakan dan teknik pemasangannya. Mortar tersebut tersiri dari mortar perekat keramik biasa, perekat homogenous tile, dan perekat keramik di atas keramik. Berikut adalah penjelasan terkait ketiga jenis mortar tersebut.

1. Aplus 10 Tile Adhesive

Aplus 10 Tile Adhesive merupakan perekat keramik yang digunakan untuk merekatkan keramik biasa. Mortar ini cocok digunakan untuk merekatkan keramik yang daya serap airnya >0,5%. Selain itu, perekat ini juga dapat digunakan untuk pengaplikasian ubin atau tegel. Memiliki keunggulan mudah diaplikasikan karena cukup dicampur dengan air, mencegah keramik terangkat atau popping, serta memiliki adukan yang plastis. Pengadukannya dimulai dengan menuangkan 5-6 liter air ke dalam wadah untuk pengadukan 25 kg Aplus 10 Tile Adhesive. Lalu masukkan mortar dan aduk dengan hand mixer. Setelah rata, mortar siap diaplikasikan pada bidang yang akan dipasang keramik.

2. Aplus 33 Tile Adhesive

Aplus 33 Tile Adhesive merupakan perekat keramik yang digunakan untuk merekatkan homogenous tile yang memiliki daya serap <0,5% pada lantai maupun dinding.  Selain itu, mortar ini cocok untuk pemasangan teraso, marmer, dan batuan alam. Perekat keramik ini memiliki keunggulan mudah diaplikasikan karena cukup ditambahkan air, tahan terhadap muai susut, mencegah keramik terangkat atau popping, serta memiliki hasil adukan yang plastis. Cara pengadukannya adalah campurkan mortar Aplus 33 Tile Adhesive (25 kg) dengan 5-6 liter air. Lalu aduk dengan hand mixer. Lalu aplikasikan mortar pada bidang yang akan dipasang keramik.

Baca juga: Struktur Bangunan: Pengertian, Jenis, dan Komponen

3. Aplus 88 Tile on Tile Adhesive

Aplus 88 Tile on Tile Adhesive adalah perekat keramik yang berfungsi untuk merekatkan keramik di atas keramik. Mortar ini memudahkan dalam pemasangan keramik karena tidak perlu membongkar keramik lama sebelum pemasangan. Perekat ini dapat diaplikasikan untuk pemasangan keramik di atas keramik pada lantai maupun dinding. Mortar Aplus 88 Tile on Tile Adhesive dapat diaplikasikan untuk homogenous tile, marmer, dan batu alam. Selain itu, mortar ini dapat diaplikasikan untuk area kering, basah, dan teredam. Cara pembuatan adukannya cukup dengan mencampurkan Aplus 88 Tile on Tile Adhesive (25 kg) dengan 5-6 liter air. Lalu aduk hingga merata menggunakan hand mixer.  Setelah itu, mortar dapat diaplikasikan pada area yang akan dipasang keramik.