Jenis-Jenis Mortar untuk Pembuatan Dinding

20 March 2024

Untuk membuat dinding, terdapat beberapa jenis mortar yang diperlukan. berikut adalah mortar yang digunakan dalam pembuatan dinding.

1. Mortar Aplus 220 ALC Adhesive

Aplus 220 ALC Adhesive adalah jenis mortar yang digunakan untuk merekatkan bata ringan. Mortar ini mudah dalam proses pembuatan serta pengaplikasian. Pada saat proses pembuatan adukan mortar, kamu hanya perlu mencampurkan bubuk mortar dan air. Proses pengaplikasiannya pun tidak memerlukan lapisan yang tebal. Dengan maksimal ketebalan 3 mm menggunakan trowel, mortar ini sudah mampu merekatkan bata ringan dengan kuat. Membuat penggunaannya menjadi lebih hemat biaya,waktu, dan juga tenaga.

2. Mortar Aplus 22 Plaster ALC

Mortar ini digunakan untuk pekerjaan plaster pada dinding bata, seperti batako, bata merah, dan bata ringan. Jenis mortar ini memiliki hasil adukan yang plastis sehingga memudahkan dalam pengaplikasian. Keunggulan lain dari Aplus 22 Plaster ALC adalah mampu mencegah tumbuhnya jamur, kelembapan, dan juga flek yang mungkin terjadi pada dinding. Penggunaan Aplus 22 tidak hanya bisa untuk plaster dinding saja, tetapi juga untuk pemasangan bata, plesteran, dan perata lantai.

3. Mortar Aplus 110 Acian

Aplus 110 Acian adalah mortar yang digunakan untuk pekerjaan acian. Hasil dari penggunaan mortar ini membuat dinding menjadi rata, halus, dan tidak berdebu sehingga mempermudah proses pengecatan. Selain itu, mortar Aplus 110 juga tidak menyerap bahan cat yang membuat pengaplikasian cat menjadi lebih hemat bahan sehingga menghemat biaya. 

4. Mortar Aplus 300 Acian Putih 

Mortar ini merupakan mortar berwarna putih yang digunakan untuk pekerjaan acian. Warnanya yang putih membuat tidak perlu lagi menggunakan plamir pada dinding sebagai cat dasar. Mortar acian ini juga tidak menyerap bahan cat sehingga penggunaan cat menjadi lebih hemat.  

5. Mortar Aplus 212 Plaster Acian

Mortar Aplus 212 Plaster Acian adalah mortar yang memiliki fungsi 2 in 1, yakni melakukan pekerjaan plester sekaligus acian dalam satu pengaplikasian. Mortar ini membuat pembuatan tembok menjadi lebih cepat dan hemat karena hanya cukup dengan satu produk untuk dua pekerjaan sekaligus. Karena memiliki fungsi plaster sekaligus acian, hasil akhir tembok setelah diaplikasikan dengan mortar ini sudah pasti menjadi halus, rata, dan siap untuk dicat.