Kenali Kelebihan Papan Gypsum untuk Partisi Rumah

12 March 2024

partisi gypsum
partisi gypsum

Partisi gypsum pada interior rumah digunakan untuk memisahkan antar satu ruangan dengan ruangan yang lain. Berikut kelebihan lainnya yang mampu menguntungkan kamu sebagai pemilik rumah.

1. Memiliki Berat yang Ringan

Papan gypsum memiliki berat yang ringan dibanding dengan material untuk dinding lainnya, seperti batu bata. Papan gypsum memiliki berat di kisaran 14,5 – 15,5 kg perlembar.  Hal ini membuat papan gypsum mudah untuk dipindahkan, diaplikasikan, dan diperbaiki saat digunakan sebagai partisi. 

2. Partisi Gypsum Mudah Diaplikasikan

Papan gypsum memiliki berat yang ringan sehingga mudah untuk diaplikasikan. Karena hal tersebut, pemasangan sebagai partisi jenis ini tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur bangunan. Berbeda dengan pemasangan tembok bata. Selain itu, pemasangan partisi ini memakan waktu yang lebih cepat dibanding bata. Hal ini membuat biaya instalasi partisi menjadi lebih murah. Material gypsum juga memudahkanmu apabila perlu perbaikan pada partisi karena bisa menggunakan compound.

3. Memiliki Permukaan yang Rata

Papan gypsum memiliki permukaan yang rata dan bersih sehingga kamu tidak perlu melalui proses meratakan seperti pada bata. Hal ini membuat proses pemasangan partisi gypsum menjadi cepat. Selain itu, papan gypsum memiliki permukaan yang halus sehingga memudahkan dalam proses pengecatan.

4. Ramah Lingkungan

Papan gypsum merupakan material yang ramah lingkungan karena dapat didaur ulang. Jika papan gypsum tidak didaur ulang, limbahnya pun tidak mencemari lingkungan karena bisa melebur dengan tanah. Selain itu, papan gypsum tidak berbahaya untuk tubuh karena tidak dibuat dengan bahan-bahan yang berbahaya. 

5. Menghemat Waktu dan Tenaga

Pemasangannya mampu menghemat waktu dan tenaga karena bobotnya yang ringan sehingga pemasangannya mudah dan cepat. Selain itu, biaya yang dikeluarkan pun menjadi lebih hemat karena waktu pemasangannya tidak lama seperti memasang tembok bata. 

6. Fleksibel

Pemasangan papan gypsum sangat fleksibel karena tidak memerlukan balok struktur untuk dasar pembuatan, berbeda dengan dinding batu bata. Papan gypsum juga bisa digunakan untuk berbagai desain untuk partisi karena mudah untuk dipasang dan dipotong menyesuaikan dengan kebutuhan.