Kesalahan yang Perlu Dihindari dalam Pemasangan Baja Ringan

9 February 2024

Berikut adalah kesalahan yang perlu dihindari pada saat pemasangan atap baja ringan.

1.Pemasangan yang Tidak Sesuai dengan Anjuran

Rangka atap baja ringan merupakan rangkaian dari beberapa bagian baja ringan menjadi satu kesatuan struktur. Kesatuan Struktur ini yang akan menjadi penopang beban atap. Jika terdapat satu bagian yang kurang, akan berpengaruh terhadap keseimbangan dan kekuatan struktur dalam menahan beban. Maka dari itu, pentingnya ketepatan dalam menghitung kebutuhan rangka dan dalam pemasangan rangka supaya tidak membahayakan penghuni rumah.

2.Pemasangan Kuda-Kuda yang Tidak Tepat

Kuda-kuda merupakan penopang beban utama pada atap. Pada pemasangan baja ringan, jarak kuda-kuda harus menyesuaikan jenis atap yang digunakan. Jarak yang dibutuhkan untuk membuat kuda-kuda atap bergantung dengan beban atap yang akan ditopang. Jika beban yang akan ditopang semakin berat, maka jarak kuda-kuda yang digunakan semakin dekat. Jika tidak ingin mengubah jarak kuda-kuda, maka pilihlah baja ringan yang lebih tebal.

3.Kesalahan dalam Pemasangan Dudukan Kuda-Kuda

Dudukan pada kuda-kuda baja ringan harus dipasang menempel dengan ring balok dan menggunakan bracket L dan dynabolt. Pemasangannya pun tidak boleh miring atau harus tegak lurus karena akan mempengaruhi keseimbangan struktur pada baja ringan. Hal ini akan membuat konstruksi baja ringan menjadi rawan.

4.Tidak Mempertimbangkan Kualitas Baja Ringan

Pada saat ingin menggunakan baja ringan, sangat penting untuk mempertimbangkan kualitasnya. Saat ini sudah banyak baja ringan yang dijual di pasaran, sehingga kualitasnya belum tentu terjamin. Kualitas bisa dilihat dari bahan yang digunakan sudah bersertifikat SNI, seperti baja ringan Aplus.

5. Kesalahan dalam Memilih Atap

Atap memiliki berbagai jenis dengan beban yang berbeda-beda. Terkadang hal ini tidak menjadi pertimbangan penghuni rumah. Padahal, jika ingin menggunakan atap dengan beban yang lebih berat, maka harus menggunakan baja ringan yang lebih tebal atau dengan desain jari kuda kuda yang lebih rapat. Hal ini akan berpengaruh ketika terjadi hujan dan angin karena rangka atap akan menerima beban yang lebih berat.