Manfaat Acian Putih untuk Tembok Rumah!

24 January 2024

Sesuai dengan namanya, acian putih merupakan acian dengan hasil akhir berwarna putih. Warna acian ini memudahkan kamu sebagai pemilik rumah dalam melakukan pengecatan dinding. Selain itu, kita punya beberapa manfaat lain dari material ini. Yuk baca sampai habis!

aplus acian putih

Manfaat Acian Putih 

1. Mencegah Retak Rambut pada Tembok karena Penyusutan

Retak rambut pada tembok kerap terjadi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti perubahan cuaca yang ekstrem, kualitas material yang tidak bagus, beban yang ditopang oleh tembok terlalu berat, dan penyebab lainnya. Untuk menghindari terjadinya retak rambut, mortar acian putih dari Aplus menjadi solusi yang pas. Mortar ini dibuat dengan komposisi yang mampu mencegah terjadinya retak rambut pada tembok.

2. Tidak Memerlukan Plamir sebagai Cat Dasar

Plamir berfungsi untuk menutup warna asli tembok, yakni abu-abu supaya warna cat yang dihasilkan lebih sesuai dengan yang tertera pada wadah. Jika menggunakan acian ini, kamu tidak perlu lagi menggunakan plamir untuk menutupi warna tembok sehingga menghemat waktu, biaya, dan tenaga.

3. Menghemat Penggunaan Cat

Acian berwarna putih dari Aplus memiliki warna lebih cerah sehingga penggunaan cat menjadi lebih hemat. Hal ini karena kamu tidak perlu melakukan pengecatan berlapis-lapis untuk mendapatkan warna yang sesuai dengan warna asli cat.

4. Mudah Diaplikasikan

Acian berwarna putih dari Aplus merupakan mortar yang diformulasikan supaya siap pakai. Jadi, pengaplikasian mortar ini sangat mudah karena kamu hanya perlu mencampurkan antara bubuk mortar dan juga air. Setelah itu, mortar dapat langsung diaduk menggunakan hand mixer atau alat adukan lainnya.

5. Hasil Akhir Lebih Halus dan Tidak Berdebu

Tembok yang menggunakan acian biasa terkadang memberikan hasil akhir yang berdebu. Hal ini akan membuat hasil dari pengecatan nantinya menjadi tidak maksimal. Tetapi, acian putih dari Aplus memberikan hasil akhir yang tidak berdebu sehingga hasil pengecatan pun menjadi lebih maksimal. 

Cara pengaplikasian Acian Putih 

  1. Bersihkan tembok dari debu dan kotoran lain yang menempel.
  2. Buat adukan acian dengan cara mencampurkan bubuk acian dengan air ke dalam ember atau wadah lainnya.
  3. Aduk campuran tersebut menggunakan alat adukan. Untuk memberikan hasil maksimal, campuran bisa diaduk menggunakan hand mixer
  4. Jika adukan sudah tercampur secara merata, adukan bisa langsung diaplikasikan pada dinding yang sebelumnya sudah diplester.
  5. Jika keseluruhan permukaan sudah diaplikasikan acian, tunggu tembok hingga mengering. 
  6. Setelah mengering, pengerjaan tembok sudah bisa dilanjutkan pada tahapan pengecatan.