Mengatasi Lendutan pada Plafon dengan Aplus G-Strength

18 April 2023

Plafon rumah kamu ada yang cembung ke bawah karena sudah terlalu lama? Atau ada kucing yang tinggal di atas plafonmu sehingga menyebabkan kondisi plafon menjadi tidak rata? Hal ini disebut dengan lendut. Lendutan menjadi permasalahan pada plafon di setiap rumah. Jika dibiarkan, lama kelamaan plafon rumah akan jeblos dan membuat plafon rumah menjadi bolong. Kalau sudah bolong, rumah akan menjadi indah lagi.

Salah satu penyebab lendutan pada plafon adalah udara yang lembab, seperti udara di daerah-daerah tropis. Berdasarkan letak astronomi, Indonesia berada di lintang  6ºLU– 11ºLS dan 95ºBT–141ºBT. Hal tersebut membuat Indonesia menjadi negara yang dilewati oleh garis khatulistiwa dan menjadi negara tropis. Dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut, Aplus mengeluarkan produk dengan nama Aplus G-Strength.

Apa itu Aplus G-Strength?

Aplus G-Strength adalah papan gypsum yang dibuat dengan serat fibermesh. Serat ini berfungsi untuk meminimalisir efek lendutan yang bisa terjadi pada plafon sebagai akibat dari udara lembap.

Aplus G-Strength lebih tahan terhadap RH 99%. Range RH di Indonesia sendiri berada di angka 45%-90% karena berada di garis Khatulistiwa. Menjadikan Indonesia sebagai negara tropis dengan kelembapan udara yang tinggi. Berdasarkan uji coba tersebut, Aplus G-Strength cocok digunakan sebagai plafon rumah yang memiliki tingkat kelembapan udara tinggi.

Aplus G-Strength juga memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi. Fleksibilitas yang tinggi membuat plafon tidak mudah jeblos ketika menerima beban. Tingkat fleksibilitas Aplus G-Strength yang ketebalannya 9 mm setara dengan papan gypsum standar yang ketebalannya 12 mm. Berdasarkan hal tersebut, sudah jelas bahwa tingkat kekuatan Aplus G-Strength lebih tinggi dibanding dengan plafon gypsum standar.

Pernahkah kamu menjadikan plafon sebagai tempat untuk menyimpan barang yang tidak terpakai? Atau pernahkah plafonmu menjadi tempat persembunyian kucing dan tikus? Hal ini pasti membuatmu khawatir sebagai penghuni rumah jika sewaktu-waktu plafonmu jeblos. Tetapi, kamu tidak perlu merasa khawatir jika menggunakan Aplus G-Strength. Fleksibilitas papan ini membuat papan tidak mudah jeblos sekalipun menopang beban.

Kelebihan Aplus G-Strength

  1. Tidak lendut. Membuatnya lebih kuat menahan lembap hingga RH 99%. Sehingga cocok digunakan untuk daerah-daerah tropis yang biasanya memiliki tingkat kelembapan di atas batas normal, yakni RH 45%-65%.
  2. Fleksibilitas tinggi. Fleksibilitas yang tinggi ini membuat papan tidak mudah patah meskipun menopang beban. Hal ini berkaitan dengan durabilitas dari papan itu sendiri. Jika papan tidak mudah patah, maka bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  3. Pemasangan yang cepat dan mudah. Klaim dari papan gypsum sendiri adalah pemasangannya yang mudah. maka dari itu, papan gypsum menjadi primadona di kalangan orang-orang yang ingin memasang plafon rumah. Pada dasarnya, Aplus G-Strength ini juga salah satu jenis papan gypsum yang dimiliki oleh Aplus, maka dari itu papan ini juga mudah untuk dipasang. Kemudahannya membuat pemasang tidak memerlukan waktu lama dalam melakukan pemasangan. Sehingga lebih hemat waktu.
  4. Ringan dan ramah lingkungan. Papan gypsum G-Strength juga memiliki sifat yang sama dengan papan gypsum yang lain, yakni ringan.  Sifat ini membuat papan mudah untuk dimobilisasi sehingga tidak menyulitkan proses pemasangan. Selain itu, Aplus G-Strength juga ramah lingkungan. Papan gypsum ini dibuat dengan bahan-bahan yang tidak membahayakan lingkungan dan bisa didaur ulang.
  5. Tidak mengandung zat berbahaya dan tidak beracun. Pembuatan papan gypsum Aplus G-Strength tidak menggunakan bahan berbahaya, seperti asbestos. Kamu tidak perlu mengkhawatirkan keamanan produk Aplus G-Strength bagi kesehatan penghuni rumah.

Baca juga: Apa Itu Partisi Ruangan? Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Rekomendasi Pemasangan

Spesifikasi yang berbeda dari papan gypsum standar membuat Aplus G-Strength memiliki banyak pilihan tempat untuk pengaplikasiannya. Sifatnya yang tahan terhadap lendutan membuat papan ini bisa diaplikasikan di tempat-tempat yang tidak bisa dipasang papan gypsum biasa. Rekomendasi tempat-tempat yang bisa dipasang Aplus G-Strength meliputi:

  1. Partisi untuk seluruh desain interior.
  2. Plafon kamar mandi.
  3. Plafon desain datar atau melengkung.

Spesifikasi Aplus G-Strength

Kami menghadirkan Aplus G-Strength dengan dua spesifikasi berbeda. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Spesifikasi tersebut meliputi:

Ketebalan :

  • 9 mm (Berat 5 kg/m2)
  • 12 mm (Berat 6.3 kg/m2)

Ukuran : Lebar 1200 mm x Panjang 2400 mm