Apa Itu Partisi Ruangan? Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

12 April 2023

Jika kamu suka mendekor ulang interior rumah, maka tembok bukan pilihan yang baik untuk jadi penyekat ruangan. Selain itu, melakukan penyekatan terhadap ruangan tidak hanya bisa menggunakan tembok saja, tetapi ada alternatif lain yang bisa digunakan. Alternatif tersebut yaitu partisi ruangan.

Partisi ruangan merupakan penyekat yang memisahkan antara satu ruang dengan ruang yang lainnya. Fungsinya sama seperti tembok, tetapi partisi bisa diatur ulang dan dipindahkan tanpa harus mengeluarkan tenaga dan uang lebih untuk membobolnya.

Selain itu, partisi ruangan ini terdiri dari beberapa jenis. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan selera dan juga interior rumahmu.

Fungsi Partisi Ruangan

Partisi ruangan memiliki beberapa fungsi, tetapi fungsi utamanya adalah memberikan sekat antara ruang yang satu dengan yang lain. Selain itu ada beberapa fungsi lainnya, yakni:

1. Memberikan Privasi Ruangan yang Lain

Ada beberapa rumah yang dibangun tanpa memiliki penyekat antara ruang tengah dan ruang tamu. Bisa jadi karena memang didesain seperti itu oleh penghuninya atau karena masih asli buatan kontraktor perumahan.

Biasanya, pembeli pasti ingin memberikan sekat di ruangan tersebut supaya menjadi dua ruangan dan memberikan privasi. Sehingga jika ada tamu, maka orang yang berada di ruang tengah tidak terganggu dan tamu pun tidak terganggu dengan aktivitas yang ada di dalam rumah. maka dari itu, partisi ruangan sangat membantu dalam hal ini.

2. Pemisah Ruangan

Memiliki rumah dengan space besar di ruangan tertentu, seperti kamar, memang keuntungan tersendiri. Tetapi, space besar ini terkadang membuat diri tergoda untuk membuat ruangan tambahan yang fungsional tanpa ribet. Salah satunya yakni ruang kerja.

Partisi ruangan menjadi pilihan sangat cocok untuk kasus ini. Kemudahan yang ditawarkan dalam melakukan pemasangan dan juga fungsi memperindah ruangan yang ditawarkan membuat partisi ruangan terdengar sangat menggiurkan. Kamu bisa memilih jenis partisi ruangan yang cocok untuk menjadi pemisah antar ruangan ini.

3. Menambah Estetika

Partisi ruangan memiliki beberapa tipe dan juga jenis yang bisa dipilih. Bentuknya yang tidak selalu seperti tembok, membuat kita bisa memilih partisi jenis seperti apa yang cocok untuk digunakan di rumah. Justru partisi ini bisa digunakan untuk memperindah ruanganmu tetapi tetap menjadi penyekat antara dua ruangan.

6 Rekomendasi Partisi Ruangan

Berikut adalah beberapa jenis partisi ruangan yang kami rekomendasikan. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan apa yang menurutmu menarik dan cocok untuk ruangan di rumahmu.

1. Papan Gypsum

partisi ruangan papan gypsum

Gypsum  merupakan salah satu partisi ruangan yang banyak digunakan. Kemudahan pemasangan yang ditawarkan dan keterjangkauan dari segi biaya membuat partisi ini digemari di kalangan masyarakat. Jika kamu ingin menggunakan gypsum sebagai partisi, maka kamu tidak khawatir memikirkan harus mencarinya di mana. Gypsum saat ini sudah sangat mudah ditemukan di berbagai toko bangunan.

Kelebihan lain dari gypsum adalah, material yang mudah untuk dibentuk dengan alat yang juga dimiliki oleh Aplus. Alat tersebut adalah CNC machine. Aplus menerima berbagai jenis desain yang ingin kamu buat di gypsum Aplus yang sudah dipilih.

2. Sliding Glass

Partisi ruangan sliding glass

Jika kamu menginginkan rumah yang memiliki rumah dengan desain minimalis dan modern, maka penggunaan sliding glass sebagai partisi sangat direkomendasikan. Partisi jenis ini bisa dibuka dan ditutup sesuai dengan kebutuhan. Jika sedang tidak ingin memperlihatkan sisi dari ruangan lainnya yang disekat, maka sliding glass ini bisa ditutup.

Pemilihan jenis kaca juga menjadi hal yang harus diperhatikan saat memilih menggunakan partisi ruangan jenis sliding glass. Kaca buram bisa dipilih untuk menyekat ruangan yang bersifat privasi.

Ukuran sliding glass yang tidak setebal tembok pun membuat ruangan memiliki space lebih. Sehingga tidak memakan banyak tempat untuk memberikan partisi pada ruangan tersebut.

Baca juga: Mengenal Atap Rumah Berdasarkan Materialnya

3. Papan Silika

Partisi ruangan silika

Papan silika merupakan papan semen yang dibuat dengan campuran pasir kuarsa dan diperkuat dengan serat selulosa.  Pengaplikasian papan silika sebagai partisi ini sama seperti pengaplikasian gypsum. Ada kegunaan lain dari papan silika di samping sebagai partisi ruangan, yakni digunakan untuk plafon.

Papan silika memiliki beberapa kelebihan jika digunakan sebagai partisi. Kelebihan pertama dari papan ini adalah pengaplikasiannya mudah. Hal ini membuat pengerjaan menjadi lebih cepat dan tidak ribet. Sedangkan dari segi ketahanan, papan ini jelas lebih kuat jika dibandingkan dengan gypsum. Selain itu, bahan yang dikandung dalam papan ini tidak mengandung asbes. Sehingga tidak membahayakan untuk kesehatan paru-paru.

4. Partisi Polycarbonate

Partisi Ruangan Polycarbonate

Partisi ini terdiri dari lembaran polycarbonate di dua sisi. Bahan yang digunakan untuk membuat partisi polycarbonate adalah thermoplastic polymer. Sifat dari materialnya yakni sederhana dan mudah dibentuk jika dipanaskan.

Keunggulan dari partisi jenis polycarbonate adalah sifatnya yang semi clear, sehingga cahaya yang berasal dari ruangan sebelahnya bisa tembus ke dalam ruangan yang lain. Ini membuat ruangan menjadi hemat energi karena tidak perlu menyalakan lampu. Selain itu, estetika dari partisi jenis polycarbonate juga perlu dipertimbangkan. Penggunaan polycarbonate mampu membuat ruangan terlihat elegan karena jenisnya yang semi clear sehingga membuatnya terlihat seperti kaca buram.

5. Rak

partisi ruangan rak

Rak merupakan benda yang sangat fungsional. Jika digunakan sebagai partisi, maka bagian di ruang rak bisa dijadikan tempat untuk benda-benda lain. Sehingga kegunaan rak sebagai partisi ruangan menjadi lebih efektif.

Bagian-bagian pada rak juga bisa diisi sebagai hiasan untuk memperindah eksistensi dari partisi itu sendiri. Kamu bisa menambahkan tanaman hias, pigura foto, atau hiasan lainnya.

Baca juga: Mengatasi Lendutan pada Plafon dengan Aplus G-Strength

6. Lemari

Budget kamu terbatas? Tenang, ada loh benda di rumah yang bisa kamu jadiin partisi. Kamu bisa menggunakan lemari yang kamu punya. Lemari merupakan partisi ruangan yang paling mudah dicari dan pasti ada di setiap rumah.

Tetapi, lemari biasanya hanya memberikan keindahan di satu sisi saja, maka kamu harus memilih ruangan yang mana yang akan dipercantik. Jika sudah dipilih, berarti kamu bisa membuat lemari tersebut menghadap ke arah ruangan yang dipilih.

Keenam jenis partisi di atas adalah partisi yang biasa digunakan. Masih banyak jenis partisi lainnya yang bisa digunakan sesuai dengan interior dan kebutuhanmu.