Tips Aman Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran

6 April 2024

tips meninggalkan rumah saat mudik
tips meninggalkan rumah saat mudik

Mudik adalah tradisi yang dilakukan saat libur lebaran. Saat mudik, kita harus memastikan rumah ditinggal dalam kondisi aman. Berikut adalah Tips meninggalkan rumah saat mudik.

1. Pastikan Pintu dan Jendela Terkunci

Saat akan meninggalkan rumah, pastikan pintu rumah dan jendela sudah terkunci. Lalu, jangan tinggalkan kunci rumah pada area tersembunyi yang mungkin untuk ditemukan oleh orang lain yang berniat tidak baik, seperti di bawah keset, pot rumah, atau tempat lainnya. Sebaiknya kamu membawa kunci tersebut atau dititipkan pada kerabat dekat. 

2. Cabut Colokan Listrik dan Gas

Tips meninggalkan rumah saat mudik kedua adalah peralatan elektronik harus dimatikan dengan cara melepaskan kabel listrik dari colokan. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya hubungan pendek arus listrik atau korsleting. Selain itu, selang yang menyambung pada tabung gas juga perlu dicabut untuk menghindari terjadinya kebakaran.

3. Kosongkan Penampungan Air

Sebelum meninggalkan rumah, penampungan air harus dikosongkan. Hal ini untuk mencegah tempat tersebut dijadikan sebagai sarang serta tempat berkembangbiak nyamuk demam berdarah (DBD). Setelah itu, tutup tempat penampungan air atau balik penampungan tersebut jika berbentuk ember atau bak. 

4. Bawa Barang-Barang Berharga 

Barang-barang berharga yang dimiliki sebaiknya dibawa dan tidak ditinggalkan, seperti kunci lemari tempat menyimpan surat berharga, uang tunai dalam jumlah besar, dan barang berharga lainnya. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti pencurian, maka barang-barang berharga tidak turut hilang.  

5. Bersihkan Rumah

Sebelum ditinggalkan, sebaiknya rumah dibersihkan terlebih dahulu, termasuk membuang makanan yang berpotensi mengalami pembusukan. Rumah yang ditinggalkan dalam keadaan kotor dan berantakan dikhawatirkan akan menjadi sarang untuk hewan-hewan kecil serta meninggalkan bau yang tidak sedap. Selain itu, jika rumah sudah dibersihkan sebelum mudik, maka tidak ada banyak hal yang perlu dibersihkan saat kembali ke rumah.  

6. Jangan Biarkan Rumah Terlihat Kosong

Jangan biarkan rumah terlihat kosong seperti membiarkan lampu terus menyala di siang hari atau lampu mati di malam hari. Hal ini akan membuat orang memiliki niatan tidak baik. Untuk menghindari hal tersebut, kunci rumah bisa dititipkan kepada tetangga untuk menyalakan lampu sesuai waktunya. Jika tidak, terdapat alternatif lain seperti menggunakan lampu sensor untuk teras sehingga lampu akan menyala jika langit sudah mulai gelap dan mati saat langit mulai terang. 

7. Pasang CCTV

Tips meninggalkan rumah saat mudik ynag terakhir adalah memasang kamera CCTV menjadi alternatif yang disarankan untuk meningkatkan rasa aman. Kamera CCTV akan membantu dalam mengawasi kondisi rumah dan sekitarnya. Pasang kamera pada area yang memungkinkan untuk menjadi akses masuk orang lain, seperti pintu masuk area depan dan belakang, halaman depan, dan area lainnya.