Tips Efektif Mengatasi Mengatasi Atap Bocor!

21 November 2023

atap bocor
atap bocor

Masalah yang kerap terjadi jika sudah memasuki musim penghujan adalah atap yang bocor. Kebocoran bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti terjadi keretakan pada atap, keretakan pada posisi sambungan nok, talang air kurang cekung atau lebar, kemiringan atap yang tidak sesuai anjuran, usia genteng, kualitas atap tidak baik, dan lain sebagainya.

Mengecek sumber kebocoran adalah hal pertama yang harus dilakukan. Kamu harus tau lebih dulu terkait penyebabnya untuk menentukan langkah yang tepat dalam mengatasi kebocoran. Setelah mengetahui sumber dari kebocoran, kamu bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan beberapa cara seperti di bawah ini!

1. Memberikan Lapisan Waterproofing

Langkah pertama yang bisa dilakukan saat atap bocor adalah memberikan lapisan waterproofing pada area yang mengalami kebocoran atau keretakan. Lapisan waterproofing mampu menahan air supaya tidak masuk ke dalam rumah. 

2. Melakukan Penggantian Atap

penggantian atap bocor

Jika kebocoran sering terjadi meskipun sudah mengalami keretakan yang cukup parah dan tidak bisa diperbaiki dengan penambalan, maka penggantian atap perlu dilakukan. Ada kemungkinan bahwa atap yang digunakan sudah termakan usia sehingga tingkat ketahanannya menurun. Aplus menyediakan atap metal pasir yang mampu melindungi kamu dari perubahan cuaca serta suara berisik akibat hujan. 

Baca juga: 5 Jenis Peredam Panas Atap untuk Rumah

3. Melakukan Penggantian Posisi Atap

Jika masalah kebocoran terjadi karena atap yang terlalu landai, maka langkah yang harus dilakukan adalah sudut kemiringan atap harus diperhatikan. Kamu harus menggunakan standar kemiringan sesuai dengan jenis atap yang digunakan. Standar ini sudah ditentukan untuk memudahkan aliran air sehingga meminimalkan terjadi kebocoran atap.

4. Memperbaiki keretakan dengan Sealant 

Selain menggunakan lapisan waterproofing, melakukan perbaikan pada keretakan atap juga bisa menggunakan sealant. Sealant adalah zat yang mampu menghalau aliran air sehingga air tidak masuk pada area yang tidak diinginkan. Sealant tidak hanya digunakan untuk bangunan. Maka dari itu, kamu harus cermat dalam memilih sealant yang sesuai.