5 Jenis Peredam Panas Atap untuk Rumah

1 November 2023

Peredam panas atap diperlukan untuk beberapa jenis atap karena tidak semua atap mampu menahan panas matahari untuk masuk ke dalam ruangan. Atap ruangan dengan material metal bersifat menyerap panas, sehingga ruangan terasa panas. Untuk menghindari hal tersebut, atap perlu dipasang peredam panas atap sehingga ruangan tetap sejuk dan panas matahari tidak masuk ke dalam rumah. 

Peredam panas atap terdiri dari beberapa jenis. Berikut jenis-jenisnya.

1. Aplus Bubble Series

peredam panas atap bubble seriesdetail peredam panas atap bubble

 

Aplus Bubble Series adalah salah satu peredam panas atap dengan dua struktur lapisan luar penahan panas. Terdiri dari bentuk bubble yang tersusun dengan rapi dan mampu menahan panas dengan baik. Peredam panas atap ini tidak berbahaya untuk kesehatan, sehingga aman untuk digunakan. 

2. Styrofoam (EPS – Expanded Polystyrene System)

Panel styrofoam bisa digunakan sebagai peredam panas atap. Contoh atap yang bisa menggunakan panel ini adalah atap kayu dan genteng. Panel ini terbuat dari butiran kecil berisi udara yang tingkat kerapatannya rendah. Meskipun bisa digunakan sebagai insulasi panas, panel ini kurang direkomendasikan untuk penggunaan pada atap metal karena insulasi ini kekuatannya tidak seperti insulasi panas yang lain.

3. Aplus Woven Series

peredam panas atap woven

Aplus Woven Series merupakan peredam panas atap yang mudah untuk diaplikasikan. Memiliki dua lapisan pemantul sehingga memberikan perlindungan lebih maksimal. Peredam panas atap ini tidak menyerap kelembapan sehingga tidak mudah rusak. 

Baca juga: Apa itu Floordeck? Fungsi, kelebihan, dan Kekurangan

4. Polyurethane Foam

Polyurethane merupakan peredam panas atap yang berbentuk busa. Busa pada awalnya berbentuk cair, lalu akan menjadi padat. Peredam jenis ini efektif untuk digunakan, sehingga mampu menjaga suhu ruangan tetap stabil. Polyurethane Foam bisa digunakan untuk berbagai jenis atap seperti metal, seng, tanah liat, bahkan beton. Material ini memiliki durabilitas yang tinggi dan tahan terhadap musim kemarau. 

5. Polyester

Polyester merupakan peredam panas atap yang banyak digunakan oleh masyarakat. Peredam panas atap ini sering digunakan untuk bangunan pribadi, bangunan komersil, dan fasilitas publik lainnya. Peredam jenis ini banyak digunakan karena terbukti mampu meredam panas dengan baik.