Tips Menghindari Karat pada Rangka Atap Baja Ringan

12 October 2023

Rangka atap baja ringan saat in sudah banyak digunakan pada rumah. Untuk membuat rangka tersebut tahan lama dan terjaga kualitasnya, perlu adanya perawatan. 

Selain itu, perawatan pada rangka atap ini juga meminimalisir resiko karat yang bisa terjadi. Berikut adalah tips untuk merawat baja ringan supaya terhindar dari karat.

1. Menggunakan Lapisan Antikarat 

Lapisan antikarat mampu mencegah terjadinya karat pada rangka atap baja ringan. Selain itu, lapisan antikarat juga mampu mencegah perluasan area karat karena baja ringan yang sudah terkena karat di satu area mampu menyebar ke area yang lain. 

Melapisi rangka atap baja ringan dengan lapisan antikarat bisa dilakukan secara mandiri atau dengan cara membeli baja ringan yang sudah ada lapisan galvalume. 

Aplus menyediakan baja ringan dengan lapisan galvalume. Jadi kamu tidak perlu repot melapisinya kembali dengan cat antikarat.

2. Hindari Goresan pada Rangka Atap Baja Ringan

Goresan pada rangka atap baja ringan mampu merusak lapisan antikarat. Bagian yang tergores akan mudah terkena karat dan menyebar ke bagian lainnnya. Membuat karat melebar dan rangka atap baja ringan tersebut menjadi rusak. 

3. Hindari Zat Kimia yang Bersifat Korosif 

Zat kimia yang bersifat korosif adalah zat yang mengandung asam dan basa. Permukaan baja ringan sangat reaktif terhadap zat korosif. Akibatnya, lapisan antikarat pada baja ringan akan mengelupas dan mengakibatkan baja ringan menjadi berkarat. Maka dari itu, zat kimia ini perlu dihindari. 

4. Hindari dari Semen

Semen yang terkena baja ringan akan menimbulkan reaksi kimia. Dampaknya adalah lapisan antikarat akan rusak. 

Supaya hal tersebut tidak terjadi, baja ringan perlu dijauhi pada saat pembuatan dinding, lantai, pengadukan semen, atau kegiatan lain yang menggunakan semen sebagai salah satu bahannya.

5. Gunakan Baut atau Aksesoris yang Sejenis

Saat memasang baja ringan, gunakan baut atau aksesoris lain yang terbuat dari seng atau alumunium seng. Jika menggunakan aksesoris dengan bahan lain, seperti tembaga, stainless steel, atau lainnya akan membuat lapisan di sekitar aksesoris menjadi rusak dan karat akan timbul.