4 Jenis Papan Gypsum yang Harus Kamu Ketahui!

20 December 2023

Kita sering kali menemui gypsum pada plafon maupun partisi rumah. Tapi, tahukah kamu bahwa papan gypsum memiliki 4 jenis dengan fungsi dan kegunaan yang berbeda? Berikut adalah jenis plafon gypsum berdasarkan fungsi dan kegunaan.

1. Papan Gypsum Standar

Papan gypsum jenis ini adalah papan gypsum yang sering digunakan untuk rumah yang tidak memerlukan papan gypsum jenis tertentu. Papan gypsum standar memiliki keunggulan mudah, pemasangan yang cepat, mudah dibentuk, dan juga mudah untuk diperbaiki. Selain itu, papan gypsum standar juga masuk ke dalam kategori green product sehingga limbahnya tidak mencemari lingkungan.

Papan gypsum standar bisa digunakan untuk pembuatan plafon dan partisi dinding kering untuk berbagai macam jenis bangunan, seperti rumah, kantor, mal, dan lainnya.

2. Papan Gypsum Moisture Resistant

Papan gypsum moisture resistant diperuntukkan untuk penggunaan pada area yang lembap karena diproduksi secara khusus agar tidak menyerap banyak air sehingga tahan terhadap kelembapan.

Papan gypsum moisture resistant cocok digunakan untuk plafon dan partisi area lembap seperti overstek, kamar mandi, dan daerah lainnya.

3. Papan Gypsum dengan Serat Fibermesh

Papan ini dibuat  dengan tambahan serat fibermesh di dalamnya yang berfungsi untuk memperkuat papan. Ketahanan dari papan ini mampu menahan hingga relative humidity (RH) 99%. 

Papan ini cocok digunakan untuk daerah tropis yang kadar kelembapannya cenderung tinggi dan rentan membuat papan gypsum menjadi lendut, seperti Indonesia. Bisa digunakan untuk plafon dan partisi area kering di berbagai bangunan. 

Baca juga: Penyebab Dinding Retak dan Cara Mengatasinya

4. Papan Gypsum dengan Performa Akustik

Papan gypsum dengan performa akustik dibuat dengan tambahan tisu akustik yang berfungsi untuk menyerap suara. Selain itu, papan ini juga mampu mengurangi gema yang terjadi di ruangan (reverberation time).  Membuat papan ini cocok digunakan untuk ruangan yang menghasilkan suara tinggi atau ruangan privasi lainnya.

Papan  gypsum dengan performa akustik dibuat dengan desain yang berbeda dibanding papan gypsum yang lain karena terdapat lubang-lubang dipermukaannya. Lubang-lubang ini membuat papan gypsum terlihat indah dan mampu menambah estetika suatu ruangan.