Atasi Berisik, 5 Peredam Suara yang Bisa Digunakan untuk Kamar

27 July 2023

Kamar merupakan ruangan privasi bagi setiap penghuni rumah. Membuat kamar terhindar dari kebisingan luar adalah impian setiap orang. Bukan karena ingin menyendiri, tetapi karena kamar terkadang digunakan untuk melakukan sesuatu yang memerlukan ketenangan dan keseriusan.

Selain terhindar dari kebisingan luar, kamu sebagai penghuni kamar juga pasti ingin meminimalisir suara yang ada di dalam kamar terdengar dari luar. Penggunaan peredam suara sangat diperlukan jika kasusnya seperti ini.

Banyak keuntungan yang akan didapat saat memiliki cara supaya kamar terbebas dari kebisingan luar, dan sebaliknya apalagi jika kamu memiliki alat peredam suara yang dipasang. Salah satu keuntungannya adalah kamu bisa menjadikan kamar sebagai tempat karoke sehingga kamu bisa melepas penat.

Kami memiliki beberapa tips yang bisa diikuti untuk membuat kamarmu menjadi kedap suara. Baca terus sampai akhir ya!

Tips Peredam Suara yang Bisa Digunakan untuk Kamar

Ada 5 tips yang kami rekomendasikan dan bisa kamu ikuti dalam membuat kamar menjadi kedap suara. Berikut adalah tipsnya.

1. Menggunakan Insulator Suara

Penggunaan insulator sangat membantu untuk membuat kamar menjadi minim terhadap transfer suara. Insulator suara merupakan salah satu alat peredam suara yang dipasang di antara partisi dengan partisi atau partisi dengan dinding. Meskipun tidak bisa menghilangkan suara secara sepenuhnya, tetapi insulator bisa mengurangi perpindahan yang ada di kamar ke ruangan yang lain.

Dua material yang biasa digunakan sebagai insulasi suara adalah mineral wool dan glasswool. Selain sebagai insulasi suara, kedua material ini memiliki fungsi lain yakni menyerap panas.

Produsen untuk kedua material ini sudah banyak di pasaran, salah satunya yakni dari Aplus. Glass wool dan mineral wool dari Aplus memiliki ketebalan 50 mm dengan ukuran 120 cm x 60 cm. Selain itu, nominal kepadatannya berbeda-beda, yakni 60 kg, 80 kg, dan 100 kg. Insulation ini juga bisa menyerap panas hingga 1000°C.

2. Pintu Kamar yang Tertutup

Kalau kamu anti ribet, menutup pintu kamar juga bisa menjadi salah satu alat peredam suara loh. Suara bisa merambat karena udara yang membawanya. Jika pintu kamar dibuka, berarti udara yang masuk dan keluar kamar akan semakin besar. Semakin besar celah udara yang ada, maka semakin besar pula suara yang dibawa menuju tempat yang lain.

Jika pintu kamar ditutup apa suara yang ada di dalam kamar menjadi tidak terdengar di ruangan lain? jawabannya adalah, belum tentu semua tergantung dengan material-material lain yang membangun kamar tersebut. Satu hal yang pasti adalah jika celah udara menyempit, maka suara-suara yang dibawa ke luar juga semakin semakin sedikit. Tetapi tetap tidak bisa serta merta membuat kamar menjadi kedap suara.

3. Pasang Door Seal

Jika kamu sudah menutup pintu, apakah masih ada celah yang membuat udara masuk ke kamar? Biasanya celah-celah ini berada di sisi atas dan bawah pintu. Celah seperti ini membuat suara bisa merambat ke ruang lainnya karena udara masih bisa keluar masuk kamar.

Door seal merupakan alat yang digunakan untuk menutup celah-celah pintu. Alat ini selain bisa menjadi peredam suara kamarmu, bisa juga untuk mencegah adanya serangga yang masuk ke dalam kamar.

4. Menggunakan Gypsound

Gypsound merupakan papan gypsound yang dibuat dengan performa akustik sehingga bisa menjadi peredam suara untuk kamarmu. Papan ini mampu menyerap suara dengan kualitas tinggi, yakni NRC 0,6 dan 0,8 jika dikombinasikan dengan insulasi.

Penyerapan suara yang efisien berada di angka NRC 0 sampai dengan 1. Berarti, Gypsound ini bisa menyerap 60%- 80% suara yang dihasilkan. Penggunaannya pun sama seperti penggunaan partisi pada umumnya.

Selain keunggulannya yang mampu menjadi peredam suara, gypsound juga memiliki tampilan visual yang menarik. Terdapat kumpulan lobang yang teratur sehingga mampu menambah keindahan ruangan dan membuat ruangan terlihat berbeda. Tidak hanya berbentuk dinding polos saja. Kalau kamu menggunakan papan ini, maka kamu akan mendapatkan manfaat 2 in 1.

Baca juga: Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Genteng Metal Pasir?

5. Menggunakan Rak Buku

Rak buku juga bisa digunakan menjadi peredam suara. Peletakkan rak buka pada dinding kamar yang digunakan sebagai pembatas ruangan membuat ruangan lainnya tidak secara langsung berbatasan.

Hal tersebut membuat tembok pembatas ruangan menjadi semakin tebal dan mengakibatkan suara yang dihasilkan dalam kamar tidak akan langsung sampai ke ruangan lain.