Tips Memilih Genteng Metal untuk Jangka Panjang

26 July 2023

 

Memilih genteng metal tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya kita, selaku penghuni rumah, merasa nyaman. Hal yang perlu diperhatikan meliputi kualitas serta spesifikasinya. Untuk mengetahui itu, perlu dilakukan riset terkait genteng metal tersebut.

Kali ini kami akan membantu kamu untuk memilih genteng metal seperti apa yang harus kamu pilih. Berikut adalah tips memilih genteng metal untuk manfaat jangka panjang. 

1. Pilih Berdasarkan Material dan Ketebalan

Saat memutuskan untuk menggunakan genteng metal sebagai atap hunian, hal pertama yang harus kamu cari tahu adalah material yang digunakan pada genteng tersebut. Mengingat Indonesia yang memiliki iklim yang tidak menentu. Terkadang suhu panasnya bisa sangat tinggi, lalu tiba-tiba berubah hujan deras. Perubahan iklim ini tentu akan memengaruhi ketahanan dari genteng metal itu sendiri. Pilihlah genteng metal yang lapisannya terdapat galvalume atau lapisan anti karat. Lapisan ini akan melindungi genteng dari efek yang ditimbulkan akibat perubahan cuaca yang ekstrem. 

2. Pilih yang Berstandar SNI

Standar Nasional Indonesia (SNI) merupakan standar yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Jika suatu barang sudah berstandar SNI, berarti barang tersebut memiliki kelayakan untuk digunakan. Maka dari itu, dalam membangun rumah, kamu harus memastikan bahwa genteng metal yang kamu gunakan sudah berstandar SNI. Hal ini akan menimbulkan rasa aman untuk kamu sebagai penghuni rumah.

Genteng metal SNI

3. Pilih Warna yang Sesuai dengan Cat Rumah

Genteng metal lebih bervariasi dari segi warna jika dibandingkan dengan genteng lainnya. Ada beberapa warna yang disediakan untuk genteng metal. Karena hal tersebut, kamu bisa menyesuaikannya dengan cat rumahmu supaya selaras dan warnanya tidak bertabrakan. Jika warna yang dipilih sesuai dengan cat, tampilan rumah akan menjadi estetik dan nyaman dipandang. Jangan sampai kamu memilih warna yang justru membuat rumahmu terlihat aneh dan tidak indah.

Baca juga: Tips Membuat Rumah Minimalis dengan Budget Pas-Pasan

4. Pilih Genteng Metal yang Warnanya Tidak Mudah Terkelupas

Kekurangan dari genteng metal adalah warnanya yang mudah terkelupas karena sistem pewarnaan yang tidak tepat. Sistem pewarnaan yang tepat membuat warna genteng menjadi tahan lama dan tidak mudah terkelupas. Pewarnaan yang tepat untuk genteng metal adalah dengan menggunakan oven. Warna yang dihasilkan dari sistem pewarnaan tersebut membuat warna lebih menempel dan tidak akan terkelupas meskipun terkena cuaca yang ekstrem.